PEMILU 2024, MOMENTUM RAKYAT BERPARTISIPASI DALAM PESTA DEMOKRASI

Administrator 20 Februari 2024 11:45:40 WIB

Pemilu 2024 menjadi momentum bersejarah bagi rakyat Indonesia. Pesta demokrasi itu akan menjadi wadah pemersatu karena di tahun yang sama akan disajikan banyak pilihan untuk menentukan nasib bangsa dalam lima tahun ke depan, dengan memilih wakil di legislatif dan Presiden serta Wakil Presiden RI pada 14 Februari 2024. Kemudian dilanjutkan 27 November 2024 untuk memilih kepala daerah, yakni gubernur dan bupati atau wali kota.

Rakyat Indonesia diberikan hak seluas-luasnya menentukan pilihan sesuai dengan hati nurani, dengan tetap mengedepankan saling menghormati perbedaan serta menjaga persatuan, sebagaimana yang tertuang dalam Pancasila.

Sebagai lembaga sah pemegang regulasi pelaksanaan Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dihadapkan dapat melaksanakan tugas sebagaimana diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum PKPU Nomor 3 Tahun 2022 dan PKPU Nomor 4 Tahun 2022.

Pemilu 2024 disambut antusias oleh puluhan partai politik yang ingin tampil menjadi pemenang, meskipun harus melalui tahapan penjaringan atau verifikasi yang cukup ketat oleh penyelenggara.

Persiapan yang sama juga diperlihatkan calon kontestan Pemilu 2024, baik partai politik yang baru tampil maupun partai politik yang tidak memiliki keterwakilan di DPR RI pada Pemilu 2019 karena harus memulai dari awal.

Pun dengan partisipasi rakyat pada Pemilu kali ini nampak mengalami kenaikan dibandingkan pelaksanaan Pemilu sebelumnya, maka mari jadikan Pemilu 2024 sebagai momentum bagi seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi secara aktif dalam pesta demokrasi.

Komentar atas PEMILU 2024, MOMENTUM RAKYAT BERPARTISIPASI DALAM PESTA DEMOKRASI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita