SEJARAH HARI KELUARGA NASIONAL

Administrator 22 Juli 2023 00:32:21 WIB

Hari Keluarga Nasional (Harganas) diperingati setiap tahunnya di Indonesia pada tanggal 29 Juni. Hari Keluarga Nasional adalah momentum untuk mengingatkan seluruh masyarakat mengenai pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan bagi pembangunan bangsa maupun negara. Keluarga juga diharapkan dapat menjadi kekuatan yang dapat membantu menghadapi segala persoalan yang terjadi.


Lalu, bagaimana sejarah di balik peringatan Hari Keluarga Nasional tanggal 29 Juni itu? Apa tema yang diusung untuk peringatan Hari Keluarga Nasional 2023 dan bagaimana cara untuk merayakannya? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Dikutip dari laman Keluarga Indonesia milik Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), peringatan Hari Keluarga Nasional tidak terlepas dari perjuangan yang telah dilakukan oleh para pahlawan usai kemerdekaan Indonesia. Meski sudah merdeka, situasi negara Indonesia saat itu belum begitu kondusif.

Untuk itu, wajib militer diberlakukan bagi rakyat Indonesia. Mereka yang turut berjuang ke medan perang harus rela untuk mengorbankan nyawa dan berpisah dengan keluarganya.

Dengan segala usaha yang telah dilakukan, Indonesia akhirnya berhasil mendapatkan pengakuan kedaulatan dari Belanda pada 22 Juni 1949. Satu minggu kemudian, yakni 29 Juni 1949, para pejuang yang selamat kembali berkumpul dengan keluarganya. Momen inilah yang menjadi landasan dari peringatan Hari Keluarga Nasional.

Hari Keluarga Nasional digagas oleh Prof. Dr. Haryono Suyono, Ketua Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di era kepemimpinan Presiden Soeharto.


 

 

 

 

 

sumber : detik.com

Komentar atas SEJARAH HARI KELUARGA NASIONAL

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita