EVALUASI ADMINDUK DAN PANDUSALURING

Administrator 20 Maret 2023 15:20:31 WIB

Dindukcapil Kabupaten Banjarnegrara telah melaksanakan evaluasi administrasi kependudukan dan PANDUSALURING pada 14 Februari 2023 di Aula Dindukcapil Kabupaten Banjarnegara.

Kegiatan ini yang diikuti oleh operator SIAK dari wilayah Kecamatan Rakit & Wanadadi ini bertujuan untuk mensosialisasikan aplikasi pendamping SIAK kepada seluruh operator SIAK tingkat desa.

PANDUSALURING atau Pelayanan Administrasi Kependudukan dari Desa dan Kelurahan secara Daring merupakan salah satu terobosan yang dimiliki oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara dengan mengoptimalisasikan pelayanan administrasi kependudukan di wilayah desa/kelurahan.

Pelayanan ini dilakukan oleh petugas pelayanan desa yang sudah memperoleh bimbingan teknis dalam mengoperasikan aplikasi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Proses yang dilakukan yaitu pemohon mendatangi balai desa/kelurahan masing-masing untuk melakukan permohonan administrasi kependudukan, kemudian petugas pelayanan di desa/kelurahan mengunggah dokumen pendukung yang dipersyaratkan dalam bentuk scan/softfile pada Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). Selanjutnya, petugas pelayanan di desa/kelurahan mengisi Google Form sebagai pemberitahuan kepada petugas SIAK yang berada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banjarnegara. Jika disetujui, permohonan akan diproses, jika tidak, petugas di dinas akan menolak permohonan dan menyertakan alasan penolakan. Proses permohonan dilakukan oleh petugas SIAK di dinas dan kemudian dokumen administrasi kependudukan yang sudah selesai akan dikirimkan kembali ke petugas pelayanan di desa/kelurahan untuk dilakukan pencetakan. Untuk pelayanan KTP-el, pencetakan hanya dilakukan di Dinas dan kemudian KTP-el akan dikirimkan langsung ke alamat pemohon melalui POS Indonesia dengan sistem Cash On Delivery (COD).

Komentar atas EVALUASI ADMINDUK DAN PANDUSALURING

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita