PIN POLIO 2016

Administrator 27 April 2016 06:12:13 WIB

Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016 dilaksanakan serentak diseluruh wilayah Indonesia pada tanggal 8-15 MAret 2016. Desa Badamita sendiri menyelenggarakan PIN Polio 2016 pada tanggal 10 Maret 2016.

PIN Polio 2016 adalah program pemberian imunisasi polio kepada seluruh balita yang bertujuan untuk meningkatkan kekebalan balita terhadap penyakit polio.

Penyakit polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio. Secara klinis penyakit polio di derita anak di bawah umur 15 tahun yang menderita lumpuh layu akut.

Penyebaran penyakit ini melalui kotoran manusia (tinja) yang ter kontaminasi oleh virus polio. Kelumpuhan di mulai dengan gejala demam, nyeri otot dan kelumpuhan pada minggu pertama sakit. Kemudian bisa terjadi juga kelumpuhan otot pernafasan apabila polio tidak segera ditangani.

Kasus polio sudah tidak ada lagi di Indonesia sejak tahun 2006. World Health Organization (WHO) pun telah menyatakan Indonesia sebagai negara bebas polio pada tahun 2014.

Imunisasi Polio tetap diberikan sebagai antisipasi agar tidak terjadi penyebaran dari negara tetangga yang masih banyak di dapati kasus polio.

Program pemberian imunisasi dasar polio juga masih wajib diberikan sebagai bentuk komitmen pemerintah Indonesia untuk mewujudkan dunia bebas polio pada tahun 2020.

 

Komentar atas PIN POLIO 2016

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita