WASPADA PENYAKIT MULUT DAN KUKU PADA TERNAK

Administrator 31 Mei 2022 17:56:13 WIB

Food and Mouth Disease (FMD) atau lebih dikenal dengan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) merupakan penyakit menular pada hewan bersifat akut yang disebabkan oleh virus tipe A dari Family Picornaviridae Genus Apthovirus.

PMK mnyerang hewan berkuku genap seperti sapi, kerbau, kambing dan domba. Penyakit ini menyebar dengan cepat mengikuti arus transportasi daging dan ternak terinfeksi. Tanda klinis yang terlihat pada hewan yang tertular antara lain demam tinggi, hipersalivasi, sebagian ada lepuh di lidah dan rongga mulut, pincang, luka pada kaki diakhiri dengan lepasnya kuku pada sapi, sulit berdiri dan menular sangat cepat dalam satu kawanan kandang.

Mengantisipasi hal ini dan menjelang hari raya kurban, Polsek Rakit melaksanakan deteksi dengan mengunjungi peternak yang ada di Desa Badamita salah satunya adalah kandang milik kelompok tani Sumber Tani dusun Gendani. Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolsek Rakit Jumarwadi untuk memastikan bahwa persebaran PMK di desa Badamita terkendali dan dapat diantisipasi.

Komentar atas WASPADA PENYAKIT MULUT DAN KUKU PADA TERNAK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita