SEMANGAT SUMPAH PEMUDA

Administrator 28 Oktober 2021 06:59:10 WIB

Hari ini Kamis Tanggal 28 Oktober 2021 kita memperingati Hari Sumpah Pemuda. Hari yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, dimana sejak 93 Tahun yang lalu para pemuda Indonesia dengan penuh kesadaran berkumpul dan menyatukan pemikiran serta semangatnya dari berbagai golongan dan dari berbagi latar belakang kedaerahan pun kesukuan untuk memperjuangkan cita-cita bangsa ini yaitu memerdekakan diri dari penjajahan Belanda.

Untuk mencapai cita-cita tersebut dalam konggres pemuda II Pada tahun 1928, para pemuda dan pemudi Indonesia dari berbagai latar belakang dan golongan berkumpul, menyatukan hati dan pikirannya. meletakan fondasi yang kokoh bagi persatuan dan kesatuan seluruh elemen bangsa terkhusus pemuda-pemudi Indonesia yang kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda ; Bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, berbahasa satu bahasa indonesia”.

 

Semangat para pemuda ini berdampak sangat luar biasa bagi bangsa Indonesia secara umum. Perjuangan para pemuda ini akhirnya mempersembahkan sebuah kemerdekaan bagi bagsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Namun Apakah tugas pemuda telah usai setelah bangsa ini merdeka??. Tentu saja tidak karena masih banyak yang mebutuhkan semangat kita agar tetap berjuang untuk melawan “penjajah” masa kini yang datang dari dalam diri bangsa Indonesia sendiri, Ini dilakukan oknum masyarakat yang bertopengkan kemakmuran rakyat.

Namun dewasa ini kita melihat masih banyaknya pemuda pemudi rupanya belum terbangun dari tidur panjangnya, memang sangat disayangkan semangat pemuda mulai terkikis dengan perkembangan zaman dan teknologi yang sangat pesat sehingga tak jarang pemuda hari ini mengalami krisis identitas. sehingga tak jarang kita menemukan sikap kaum muda yang apatis, individualistis dan hedonis. Hal ini berbanding terbalik dengan semangat dan perjuangan kaum muda terdahulu yang dengan penuh perjuangan dan semangat untuk memerdekakan bangsa dari penjajah.

Seorang aktivis intelektual muda Sok Hok Gie pernah mengungkapkan bahwa “Hanya ada dua pilihan menjadi apatis atau mengikuti arus "Tapi, aku memilih untuk menjadi manusia merdeka. Perkataan ini mengingatkan kita sebagai pemuda khususnya mahasiswa untuk tidak henti-hentinya menyerukan kembali kemerdekaan dan sama halnya dengan yang dikatakan Oleh Bapak Proklamator yang mengatakan bahwa “kita jangan pernah mewarisi abunya sumpah pemuda, tetapi kita harus mewarisi apinya sumpah pemuda” (Ir. Soekarno).

Kita sebagai pemuda hari Ini tidak lagi melakukan perjuangan seperti yang dilakukan para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan, kita hanya melanjutkan perjuangan mereka untuk membuat bangsa ini semakin maju, yang dimulai dari diri sendiri.

Jika Benar Api semangat dari sumpah pemuda masih ada dalam diri kita masing-masing, maka di Era Pandemi seperti saat ini kita bergotong royong, saling menguatkan dan menumbuhkan semangat bersatu dan bangkit untuk terus berjuang bersama-sama menghadapi berbagai macam persoalan bangsa kita terlebih dalam suasana Pandemi Covid-19.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
dikutip dari :#margasiswakendari.wordpress.com
 
 
 
 
 
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita