MAKNA MAULID NABI BAGI UMMAT ISLAM

Administrator 23 Oktober 2021 11:07:35 WIB

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dirayakan setiap tanggal 12 Rabi'ul Awal. Tahun 2021 ini, hari Maulid Nabi Muhammad SAW bertepatan dengan tanggal 19 Oktober 2021.

Tahun ini, Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati sedikit berbeda, karena hari libur perayaannya digeser menjadi tanggal 20 Oktober 2021 atau Rabu (20/10/2021). Pemerintah memutuskan menggeser hari libur perayaan Maulid Nabi SAW digeser demi mengantisipasi mengurangi munculnya kasus baru covid-19.

Perubahan ini tertuang dalam Keputusan bersama Menag, Menaker, dan Menpan RB No 712, 1, dan 3 tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menpan dan RB No 642, 4, dan 4 tahun 2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 2021 di Desa Badamita ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelum adanya pandemi covid-19. Sebelum adanya pandemi, umat muslim melaksanakan Maulid Nabi dengan sangat meriah. Akan tetapi semenjak adanya pandemi covid-19 pelaksanaan Mulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan dalam susana sederhana di masing-masning masjid atau musholla.

Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW telah memberi pesan kepada kita, tentang pentingnya meneladani Rasulullah, dalam sikap dan perilaku hidup. Rasulullah dikenal sebagai sosok teladan dalam iman, Islam, ihsan, dan akhlak mulia. Dalam sejarah kehidupan, nabi Muhammad SAW adalah pemimpin besar yang sangat luar biasa dalam memberikan teladan agung bagi umatnya. Perayaan Milad an-Nabi menjadi lebih populer selama abad ke-11 dan pertama kali dirayakan sebagai festival resmi di Mesir. 

Kemudian tak hanya di Mesir, Maulid Nabi juga dirayakan di berbagai negara dengan berbagai cara yang berbeda-beda. Dalam rangka memperingati Maulid Nabi, umat muslim bisa melakukan hal-hal baik seperti meneladani kehidupan Nabi Muhammad SAW dan menjadi orang yang sabar. Masyarakat muslim biasanya merayakan Maulid Nabi dengan memperbanyak berdoa serta membaca ayat-ayat Al-Quran.

Umat muslim bisa melaksanakan perayaan Maulid Nabi dengan memperbanyak amalan baik, seperti: bersedeqah, berpuasa, membaca sholawat Nabi dan melakukan berbagai hal positif lainnya.

Hikmah dari perayaan Maulid Nabi adalah kita dapat melakukan apapun yang diniati untuk ibadah.



 


#dikutip dari TRIBUN KALTIM 19/10/2021



Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita