VAKSINASI COVID-19 BAGI LANSIA

Administrator 13 Juni 2021 12:41:24 WIB

Program vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah memasuki tahap kedua yang ditujukan untuk warga lanjut usia (lansia) di atas 60 tahun dan pekerja publik. Bagi lansia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menerima vaksin Covid-19, terutama dari segi kesehatan.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Kesehatan, pada kelompok lansia vaksin diberikan sebanyak dua dosis dengan interval atau jeda waktu 28 hari. Lansia yang memiliki komorbid atau penyakit penyerta seperti hipertensi, tetap dapat menerima vaksin dengan syarat tekanan darah di bawah 180/110 mmHG. Sedangkan untuk lansia yang memiliki diabetes, vaksinasi dapat dilakukan sepanjang belum ada komplikasi akut. Kemudian bagi penyintas kanker, vaksin dapat diberikan dibawah pengawasan medis.

Ada beberapa syarat bagi lansia yang hendak menerima vaksin Covid-19. Syaratnya antara lain :

  1. Lansia harus dalam kondisi sehat, tidak batuk/pilek/demam/sesak napas dalam tujuh hari terakhir.
  2. Lansia merupakan penyintas Covid-19 lebih dari tiga bulan (bagi yang pernah terinfeksi).
  3. Lansia tidak sedang menderita penyakit jantung/liver/ginjal kronis/melakukan prosedur cuci darah.
  4. Lansia sedang tidak dalam proses pengobatan kanker/gangguan pembekuan darah/pengobatan defisiensi imun/transfusi darah.
  5. Lansia yang memiliki riwayat penyakit epilepsi/diabetes melitus/HIV/penyakit paru (asma, PPOK) harus dalam keadaan terkontrol.
  6. Lansia tidak menerima vaksinasi lain dalam kurun waktu sebulan terakhir. Apabila semua persyaratan tersebut terpenuhi, maka lansia dapat menerima vaksin.

Lansia di Desa Badamita sendiri mendapatkan vaksinasi covid-19 pada hari senin 24 Mei 2021 di Aula Desa Badamita yang dilaksanakan oleh tim vaksinasi dari UPTD Puskesmas Rakit 2 yang diikuti oleh sekitar 64 lansia.

Setelah dilaksanakan screening yang intensif oleh tim Puskesmas Rakit 2 dibantu kader posyandu Desa badamita, bagi lansia yang memenuhi syarat maka akan diberikan vaksin.

 

 

 

Komentar atas VAKSINASI COVID-19 BAGI LANSIA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita