MALAM TASYAKURAN HARI JADI BANJARNEGARA KE 449

Administrator 05 Maret 2020 10:25:10 WIB

Tanggal Hari Jadi Banjarnegara resmi berubah. Kepastian ini setelah dilakukan sidang paripurna penetapan Perda Hari Jadi Banjarnegara. Jika hari jadi sebelumnya Hari Jadi Banjarnegara diperingati setiap tanggal 22 Agustus, kini berubah menjadi tanggal 26 Februari. Hal ini didasarkan pada kajian terbaru yang menyatakan jika hari jadi Kabupaten Banjarnegara ternyata jatuh pada Senin Pon, 1 Syawal 987 Hijriyah atau 26 Februari 1571.

Sebelum kajian tersebut, hari jadi Banjarnegara jatuh pada tanggal 22 Agustus 1831. Oleh karena itu, Kabupaten Banjarnegara pada 2020 ini tidak akan merayakan hari jadinya yang ke-189, melainkan langsung menjadi 449 tahun atau 260 tahun lebih tua. Berdasarkan Babad Kalibening Perubahan tanggal hari jadi Kabupaten Banjarnegara itu didasarkan pada Babad Kalibening yang merupakan sejarah Banyumas. Dikisahkan jika Sultan Pajang saat itu, Sultan Hadiwijaya atau Joko Tingkir menobatkan Raden Joko Kaiman menjadi Adipati Wirasaba.

Kadipaten ini merupakan cikal bakal Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, dan Cilacap. Raden Joko Kaiman kemudian membagi Kadipaten Wirasaba menjadi empat, yakni Kadipaten Banyumas, Kadipaten Pamerden, Kadipaten Wirasaba, dan Kadipaten Banjar Petambakan. Nama terakhir itulah yang saat ini menjadi Kabupaten Banjarnegara. Momen pembagian Kadipaten Wirasaba menjadi empat itu sekaligus menjadi tonggak lahirnya Kabupaten Banjarnegara. Lihat Foto Candi Arjuna di Dieng, Banjarnegara.

Menindaklanjuti Peraturan Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 6 Tahun 2019 tentang Hari Jadi Banjarnegara, Pemerintah Kecamatan Rakit mengadakan malam tasyakuran Hari Jadi Banjarnegara ke 449 pada hari selasa malam rabu tanggal 25 Februari 2020 bertempat di Aula Desa Adipasir. Dalam acara ini hadir Barijadi Djumpaedo selaku Camat Rakit beserta seluruh staff, Kapolsek Rakit AKP Daryono, Danramil Rakit Kapt Arh Rahmun serta Kepala Desa dan Sekretaris Desa se Kecamatan Rakit.

Dalam sambutanya, Camat Rakit berharap acara semacam ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya dan depat memebangkitkan spirit nasionalisme dan persatuan serta kebanggaan menjadi 'wong mbanjar' dengan segala kekurangan adan kelebihan yang dimiliki.

Narasumber yang dihadirkan dalam malam tasyakuran Hari Jadi Banjarnegara ke 449 ini adalah KRT Ciptono, tokah masyarakat Desa Badamita sekaligus pegiat Budaya yang mendapatken gelar KRT dari Keraton Solo pada tahun 2019.

 

 

Dokumen Lampiran : Perda No. 6 Tahun 2019


Komentar atas MALAM TASYAKURAN HARI JADI BANJARNEGARA KE 449

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita