SEJARAH SERANGAN OEMOEM SATU MARET 1949

Administrator 03 Maret 2024 19:18:00 WIB

Serangan Umum 1 Maret 1949 adalah peristiwa lanjutan dari Agresi Militer Belanda II yang bertujuan merebut wilayah Republik Indonesia dengan menyasar Yogyakarta sebagai target utamanya. Sebab, saat itu ibu kota Indonesia berada di Yogyakarta.

Peristiwa penyerangan tersebut melibatkan sejumlah tokoh-tokoh pahlawan Tanah Air. Mereka tidak ingin wilayah Republik Indonesia kembali dikuasai Belanda.

Penyebab utama terjadinya serangan umum dilatarbelakangi oleh propaganda Belanda ke dunia internasional yang mengklaim bahwa Indonesia sudah hancur. Tak hanya itu, kelompok Belanda juga mengatakan bahwa pasukan tentara Indonesia tidak ada yang tersisa meski negaranya sudah merdeka.

Dengan ketiadaan Negara Indonesia dan pasukan tentara, pihak Belanda merasa bisa leluasa menguasai kembali wilayah Indonesia. Mengetahui adanya propaganda menyesatkan dari kelompok Belanda, pihak Indonesia tidak tinggal diam dan segera menyusun strategi untuk melawannya.

Sebelum terjadinya serangan umum 1 Maret 1949, pasukan TNI dan beberapa kalangan rakyat, turut serta menyusun strategi untuk melancarkan serangan balik pada Belanda.

Dikutip dari buku Serangan Umum 1 Maret 1949 dalam Kaleidoskop Sejarah Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia (2010) karya Batara R. Hutagalung, serangan dilakukan oleh pasukan TNI dari Brigade 10/Wehkreise III di bawah pimpinan Letkol Soeharto.

Sebelum menyerang, para pasukan sudah mendapat izin dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang kala itu menjabat Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta. Berikut kronologinya:

  1. Di suatu malam menjelang serangan umum, para pasukan TNI sudah mulai menyusup ke berbagai sudut kota di seluruh wilayah Yogyakarta.
  2. Pada pukul 06.00 WIB tanggal 1 Maret 1949, sebuah sirene berbunyi sebagai tanda jam malam berakhir dan serangan umum siap dilancarkan.
  3. Ketika pasukan TNI beraksi, pihak Belanda berhasil dikejutkan oleh serangan umum mendadak sehingga mereka tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan serangan balik.
  4. Dalam waktu cukup singkat, pasukan TNI berhasil memukul mundur pasukan Belanda keluar dari Yogyakarta, karena izin masuk mereka ke wilayah tersebut juga termasuk ilegal.
  5. Keberhasilan TNI setelah membubarkan Belanda ini menjadi berita baik dan disebarluaskan ke luar negeri melalui Birma, sehingga berita radio itu sampai ke perwakilan RI di PBB, New York, Amerika Serikat.
  6. Tak hanya itu, berita keberhasilan serangan umum juga meluas di tanah air melalui jaringan radio pemerintah.
  7. Berkat serangan umum pada 1 Maret 1949, dukungan internasional mulai berdatangan bagi Indonesia, termasuk pemerintah Amerika Serikat yang awalnya mendukung Belanda, mulai mengubah sikapnya dan meminta pihak Belanda agar mau berunding dengan Indonesia.

 

Komentar atas SEJARAH SERANGAN OEMOEM SATU MARET 1949

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita