SATLINMAS BADAMITA MENDAPATKAN PELATIHAN KESIAPSIAGAAN PENANGANAN BENCANA

Administrator 20 Februari 2024 11:43:25 WIB

Dalam Undang-undang Nomor 24 tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, membagi bencana dalam 3 kategori yaitu : bencana alam, bencana non alam, dan bencana sosial. Bencana alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam, antara lain : gempa bumi, tsunami, gunung api, banjir, kekeringan, angin topan dan gelombang ekstrem, serta tanah longsor. Bencana non-alam adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau rangkaian peristiwa non-alam, antara lain gagal teknologi,  gagal modernisasi, epidemi, dan wabah penyakit. Bencana sosial adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang diakibatkan oleh manusia meliputi konfik sosial antar kelompok atau antar komunitas masyarakat, dan teror.

Latihan kesiapsiagaan bencana diartikan sebagai bentuk latihan koordinasi, komunikasi dan evakuasi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (pemerintah dan masyarakat umum). Seluruh pihak yang terlibat mensimulasikan situasi bencana sesungguhnya menggunakan skenario bencana yang dibuat mendekati atau sesuai kondisi nyata.

Dalam rangka memberi pembekalan kepada Satlinmas Desa Badamita, maka pada kamis 08 februari 2024 dilaksanakan pelatihan kesiapsiagaan penaganan bencana dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu Rakiwan selaku Camat Rakit, Nurrudin AG dari SAR Banjarnegara dan Tenang Kisworo selaku Kasi Trantib Kecamatan Banjarnegara.

Kasatlinmas sekaligus Kepala Desa Badamita Rahmatulloh menyampaikan pesan kepada seluruh peserta pelatihan dalam sambutannya 'Kami berharap seluruh anggota Satlinmas Desa Badamita dapat menjadi garda terdepan ketika terjadi bencana'.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh anggota Satlinmas Desa Badamita dan di moderatori oleh Sekretaris Desa Badamita Supri Hadi Prayitno ini berjalan interaktif dan dinamis.

Pelatihan kesiapsiagaan bencana ini bertujuan agar :

  • Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dalam melaksanakan Standart Operasional Prosedur (SOP) yang telah dibuat.
  • Menilai tindakan respon / reaksi masyarakat, baik individu, keluarga dan komunitas untuk melakukan evakuasi yang terencana.
  • Mengkaji kemampuan peralatan penunjang komunikasi sistem peringatan dini, penunjang evakuasi, serta penunjang tanggap darurat.
  • Mengkaji kerja sama antar institusi / organisasi local
  • Melakukan evaluasi dan mengidentifkasi bagian persiapan dan perencanaan yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

Komentar atas SATLINMAS BADAMITA MENDAPATKAN PELATIHAN KESIAPSIAGAAN PENANGANAN BENCANA

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita