MENANAM PADI METODE HIDROGONIK

Administrator 12 Maret 2021 18:39:17 WIB

Metode ini juga sering disebut sebagai aquaponik, yang menggabungkan antara sistem hidroponik dengan kolam budi daya ikan di bawahnya. Air yang berasal dari kolam ikan akan dialirkan melalui pipa-pipa tempat tanaman tumbuh, air kolam yang mengandung kotoran ikan akan menjadi sumber nutrisi tambahan bagi tanaman. Sistem bertani hidroganik dilakukan dengan memadukan dua hal, yaitu hidro yang berarti air dan organik yang berarti padatan. Padatan yang dimaksud adalah medium tempat bertanam yang terdiri dari sekam dan cairan nutrisi.

Instalasi yang digunakan pun cukup sederhana, hanya menggunakan paralon ukuran 4 inchi yang dilubangi dengan diameter 8 cm untuk tempat gelas plastik yang memiliki tinggi 12,5 cm. Gelas plastik tersebut diberi lubang di bawahnya sebanyak 12 titik, dan diberi kain flanel. Jarak antar lubang tanam sekitar 25 cm. Sebagai media tanam, Basiri menggunakan arang sekam dan bubuk organik dengan perbandingan 1:3 dan tidak menggunakan tanah sama sekali.

Menggunakan varietas padi IR 64 untuk budi daya dengan teknik hidroganik ini. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan varietas padi yang lainnya. Padi ini dapat dipanen pada kisaran 80-90 hari, sama halnya dengan budi daya padi konvensional. Dalam setiap trida padi, anakannya bisa mencapai rata-rata 10-12 anakan dan setiap bulirnya menghasilkan sekitar 150-200 butir padi dengan bulir padi yang lebih bernas.

Sementara itu, kendala yang dihadapi dalam budi daya ini adalah adanya serangan hama burung, ulat dan serangga. Untuk mengantisipasi hama burung, Basiri memasang jaring ketika padinya sudah mulai tumbuh malai. Untuk ulat dan serangga, dia mengunakan refugia (tanaman penghalang) atau dikendalikan dengan cara manual.

Dengan sistem ini, masa panen dalam setahun bisa sampai empat kali dan tidak perlu ada masa jeda untuk kembali menanam seperti bercocok tanam padi di areal persawahan. Inovasi hidrogonik ini bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ingin bercocok tanam dengan cara yang lebih bersih atau yang mempunyai lahan sempit.

Tanaman padi ditanam di dalam cup plastik kompos dan sekam bakar, diletakkan di pipa-pipa paralon yang teraliri air dan nutrisi dari sumber air kolam ikan.

Tanaman mendapatkan nutrisi dari pupuk kompos yang terdapat di media tanam, selain itu nutrisi juga diperoleh melalui kotoran ikan dari kolam yang disalurkan melalui pipa-pipa atau peralon. Inilah simbiosis mutualisme antara ikan dan tanaman, ikan mendapatkan makanan dari daun-daunan yang sudah layu sedangkan tanaman mendapatkan nutrisi dari kotoran ikan.

Karena itulah tidak perlu pupuk kimia atau pestisida dalam prosesnya, bahkan apabila menggunakan pestisida justru akan mencemari dan berbahaya untuk ikan di bawahnya.

 

Komentar atas MENANAM PADI METODE HIDROGONIK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita