RAKORDES KAMPUNG KB

Administrator 10 Oktober 2021 09:39:44 WIB

Sejak dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Januari 2016, Kampung KB terus tumbuh pesat. Semangat membentuk dan mendirikan Kampung KB di seluruh Nusantara telah menghasilkan ratusan Kampung KB.

Kampung KB merupakan salah satu “senjata pamungkas” baru pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang jarang “terlihat” oleh pandangan pemerintah.

Kampung KB, kedepannya akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Kampung KB menjadi program inovatif yang strategis dalam mengejawantahkan program KKBPK secara paripurna di lapangan. Pasalnya, Kampung KB menjadi model atau miniatur pembangunan yang melibatkan seluruh sektor di masyarakat.

Kampung  KB  merupakan  Satuan  wilayah  setingkat  RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilakukan secara sistemik dan sistematis.

Di Desa Badamita sendiri terdapat satu kampung KB yang berlokasi di pedukuhan Jambu Wetan dan Jambu Kulon Dusun Badamita meliputi dua wilayah RT, dan pada hari kamis 23 September 2021 melaksanakan Rapat Koordinasi Desa yang dihadiri oleh Tim Penyuluh KB Kecamatan Rakit, FKD, Kepala Desa, Ketua TP PKK Desa, Sekretaris Desa dan Kader Kampung KB.

Rakordes diisi dengan penyampaian informasi terkait KB, evaluasi pelaksanaan program yang sudah berjalan sekaligus kegiatan pelatihan pembuatan nugget daging ayam. Seluruh peserta Rakordes antusias mengikuti jalannya kegiatan hingga akhir acara.

Diharapkan dengan adanya kegiatan semacam ini, tingkat partisipasi KB masyarakat di kampung KB semakin meningkat dan peningkatan ekonomi keluarga melalui kegiatan ekonomi kreatif maupun home dindustri.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita