URBAN FARMING, SOLUSI PANGAN DI TENGAH PANDEMI

Administrator 09 Februari 2021 16:43:09 WIB

Dikutip dari laman Wikipedia, Urban Farming atau Pertanian urban adalah praktik budidaya, pemrosesan, dan distribusi bahan pangan di atau sekitar kota. Pertanian urban juga bisa melibatkan peternakanbudidaya perairanwanatani, dan hortikultura. Dalam arti luas, pertanian urban mendeskripsikan seluruh sistem produksi pangan yang terjadi di perkotaan.

 

Pada praktiknya pertanian Urban Farming saat ini di kota kota besar mengarah pada pembangunan pertanian yang mempunyai nilai estetik dan mempunyai nilai manfaat lebih luas untuk psikologi dan lingkungan.

 

Saat orang berpindah dari desa ke kota, tentu sebuah kota akan mempersempit sebuah lahan atau tanah-tanah yang sebenarnya masih bisa ditanami sebuah ladang pertanian. Sehingga untuk dapat menampung dan mendukung lebih banyak orang, lahan-lahan yang dapat berpontensi untuk bercocok tanam di sebuah kota akan diubah menjadi sebuah pemukiman.

 

Saat ini, belum ada kejelasan pandemi covid-19 kapan akan berakhir. Pemerintah telah banyak melakukan program untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, mulai dari pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosia Berskala Besar) dan PPKM (Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat).

 

Hal ini tentu berdampak pada mobilitas masyarakat. Ditengah keterbatasan mobilitas, urban farming bisa menjadi salah satu solusi kemandirian pangan. Kita dapat memanfaatkan lahan terbatas untuk menanam aneka jenis sayuran maupun buah-buahan.

 

Kita tidak perlu keluar rumah untuk melakukan aktifitas ini. Urban farming dapat dilakukan di area rumah kita sendiri sehingga sangat efektif dan mengurangi resiko terpapar covid-19.

 

Dengan biaya minimalis, memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar kita bisa menghasilkan bahan pangan dan buah yang sehat dan layak konsumsi.

 

 

 

Komentar atas URBAN FARMING, SOLUSI PANGAN DI TENGAH PANDEMI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita