TAULADAN RASULULLAH DALAM MENGHADAPI WABAH

Administrator 01 Februari 2021 18:17:04 WIB

Hampir satu tahun masyarakat Indonesia diserang wabah COVID-19. Berbagai upaya penanganan dan pencegahan telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengendalikan wabah virus corona ini.

Namun sayang, hingga hari ini wabah COVID-19 masih memakan korban jiwa. Hal itu terlihat dari meningkatnya angka kasus pasien positif dan pasien meninggal dunia karena COVID-19. Meski begitu, pasien yang sembuh dari virus corona juga terus bertambah.

Dalam Islam, Nabi Muhammad SAW telah memberikan teladan yang baik dalam menghadapi wabah penyakit. Dahulu kala, masyarakat mengenal kata  “j?rif” “waba”, dan "tha’un” untuk menyebut sebuah wabah penyakit yang menyerang masyarakat secara luas.

Berikut beberapa teladan Rasulullah SAW dalam menghadapi wabah penyakit yang menyerang masyarakat secara luas.

Rasulullah anjurkan umatnya berdiam diri di rumah dan tetap bersabar menghadapi pandemik

Semasa hidupnya, Rasulullah pernah dihadapkan dengan wabah penyakit yang menyerang umatnya secara luas. Rasulullah menganggap wabah penyakit tersebut sebagai ujian dan juga rahmat bagi orang-orang beriman. 

Saat menghadapi wabah penyakit, Rasulullah menganjurkan setiap umat muslim untuk berdiam diri di rumah, dengan tetap bersabar dan mengharap ridha Allah SWT atas ujian yang diberikan oleh-Nya. 

Dikutip dari nu.or.id, diriwayatkan oleh para sahabat, berikut hadis Rasulullah yang menganjurkan masyarakat untuk menahan diri di rumah selama wabah atau pandemik berlangsung. 

Artinya: Dari Siti Aisyah RA, ia berkata, "Ia bertanya kepada Rasulullah SAW perihal tha‘un, lalu Rasulullah SAW memberitahukanku, zaman dulu tha’un adalah azab yang dikirimkan Allah kepada siapa saja yang dikehendaki oleh-Nya, tetapi Allah menjadikannya sebagai rahmat bagi orang beriman. Tiada seseorang yang sedang tertimpa tha’un kemudian menahan diri di rumahnya dengan bersabar serta mengharapkan ridha ilahi, seraya menyadari bahwa tha’un tidak akan mengenainya selain karena telah menjadi ketentuan Allah untuknya, niscaya ia akan memperoleh ganjaran seperti pahala orang yang mati syahid. (HR Ahmad).

Komentar atas TAULADAN RASULULLAH DALAM MENGHADAPI WABAH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita