MEMAKNAI IDUL ADHA 1441 H

Administrator 18 Agustus 2020 06:49:28 WIB

Idul Adha merupakan salah satu hari spesial bagi umat muslim. Hari spesial tersebut bermakna ibadah yang dilakukan umat muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan penuh keikhlasan dan ketakwaan. Sementara itu, dikutip dari laman resmi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Hari Raya Idul Adha dan ibadah qurban memiliki tiga makna penting sekaligus. Pertama, makna ketakwaan manusia atas perintah Sang Khalik. Kedua, makna sosial dimana Rasulullah melarang kaum mukmin mendekati orang-orang yang memiliki kelebihan rezeki akan tetapi tidak menunaikan perintah qurban. Terakhir Ketiga, makna kesejahteraan pequrban dapat berbagi kepada umat muslim yang membutuhkan.

Kali ini, ada perbedaan perayaan Hari Raya Idul Adha karena berlangsung di tengah pandemi. Perayaan yang identik dengan momen untuk saling berbagi, dimulai dari sholat Eid di masjid hingga penyembelihan hewan qurban. Perbedaan yang dirasakan pada Idul Adha tahun ini yaitu  regulasi pelaksanaan sesuai protokol kesehatan. Sejumlah daerah di Indonesia menetapkan regulasi terkait pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, diantaranya Gubernur Jawa Barat mengiimbau warganya untuk membagikan daging qurban atau door to door untuk menghindari kerumunan saat pengambilan daging qurban, Pemkot Tangerang menetapkan aturan satu alat untuk satu petugas sebagai salah satu syarat dalam penyembelihan qurban, dan Walikota Surabaya mengstur agar pelaksanaan sholat Idul Adha wajib jaga jarak.

Lalu apa saja yang perlu dipersiapkan untuk merayakan Hari Raya Idul Adha di tengah Pandemi Covid-19 ?  Kementeriaan Agama mengeluarkan surat edaran kepada setiap daerah tentang pelaksanaan Idul Adha sesuai protokol kesehatan. Pelaksanaan sholat Idul Adha yang sesuai dengan protokol kesehatan sebagai berikut:

  1. Jamaah dalam kondisi sehat
  2. Membawa sajadah/alas shalat masing-masing
  3. Menggunakan masker sejak keluar rumah dan selama berada di area tempat pelaksanaan
  4. Menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer
  5. Menghindari kontak fisik, seperti bersalaman atau berpelukan
  6. Menjaga jarak antar Jemaah minimal 1 meter
  7. Menghimbau untuk tidak mengikuti shalat Idul Adha bagi anak-anak dan warga lanjut usia yang rentan tertular penyakit, serta orang dengan sakit bawaan yang berisiko tinggi terhadap Covid-19.
Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita