WASPADA CORONA COVID-19

Administrator 25 Maret 2020 13:26:46 WIB

Pandemi COVID-19 di Indonesia merupakan bagian dari pandemi penyakit koronavirus 2019 (COVID-19) yang sedang berlangsung di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh koronavirus sindrom pernapasan akut berat 2 (SARS-CoV-2). Kasus positif COVID-19 di Indonesia pertama kali dideteksi pada tanggal 2 Maret 2020, ketika dua orang terkonfirmasi tertular dari seorang warga negara Jepang. Pada tanggal 9 April, pandemi sudah menyebar ke 34 provinsi dengan DKI JakartaJawa Barat dan Jawa Tengah sebagai provinsi paling terpapr virus corona di Indonesia.

Coronavirus Disease (Covid-19) tidak pandang bulu dan tidak pilih-pilih siapa yang akan diinfeksinya.

Namun, sebagaimana dilansir laman resmi Covid-19.go.id, ada orang-orang yang memiliki kondisi lebih rentan untuk terjangkit positif Covid-19. Kelompok rentan ini adalah orang-orang yang memiliki penyakit penyerta (komorbid), berusia lanjut, memiliki daya tahan tubuh rendah, dan mengalami obesitas.

Sementara itu, laman resmi Kementerian Kesehatan menyebuSejauh ini, virus corona terlihat lebih sering menyebabkan infeksi berat dan kematian pada orang lanjut usia (lansia) dibandingkan orang dewasa atau anak-anak.tkan bahwa jumlah penderita dan kasus kematian akibat infeksi virus corona setiap harinya terus meningkat.

Kelompok lanjut usia sering dikaitkan dengan kelompok yang rentan terhadap berbagai penyakit oleh karena fungsi fisiologisnya berangsur-angsur akan berkurang termasuk sistem imum tubuh.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan dunia (WHO), kematian paling banyak terjadi pada penderita Covid-19 yang berusia lebih dari 80 tahun dengan persentase mencapai 21,9 persen.

Pada usia pra-lansia (50–59 tahun) angka kematian hampir 2 persen, usia 60–69 tahun 4 persen, terus naik menjadi 8 persen sampai 15 persen pada usia 70–80 tahun. Kematian paling banyak terjadi pada penderita Covid-19 yang berusia lebih dari 80 tahun dengan persentase 21,9 persen.

Tterdapat beberapa gejala yang akan terjadi bersamaan satu sama lain, mulai dari ringan hingga parah. Apalagi, virus Corona dapat muncul di mana saja dari rentang waktu 2 hingga 14 hari terpapar.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita