PELATIHAN PEMBUATAN TEPUNG MOCAF

Administrator 28 Oktober 2016 09:54:47 WIB

Sebagai salah satu pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Desa Badamita melaksanakan pelatihan pembuatan tepung mocaf pada hari Senin tanggal 24 Oktober 2016 di Aula Desa Badamita. Acara dimulai pukul 09.00 WIB, dihadiri oleh Camat Rakit Nurul Aini beserta jajaran pengerus Tim Penggerak PKK Kecamatan Rakit dan para peserta pelatihan yang terdiri dari ibu rumah tangga Desa Badamita. Dalam sambutannya Camat Rakit memberikan apresiasi kepada pemerintah desa Badamita atas terlaksananya pemberdayaan masyarakat khususnya pemberdayaan bagi perempuan bersumber dari Dana Desa (DD) berupa pelatihan pembuatan tepung mocaf.

Tepung MOCAF (Modified Cassava Flour) merupakan alternatif bahan baku berbagai kudapan yang potensial mengingat banyaknya tersedia bahan baku singkong di negara kita. Tepung ini dapat menggantikan tepung terigu hingga 100% alias tidak memerlukan substitusi tepung lain untuk menggantikan terigu.

Sebagai bahan pangan alternatif yang terbilang masih jarang, tepung singkong memiliki harga yang relatif tinggi. Keterbatasan jumlah produksi membuat tepung ini biasanya hanya dijual di beberapa gerai dan pusat perbelanjaan tertentu saja. Tepung mocaf sendiri telah lama dikembangkan di Desa Badamita oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Annisa Desa Badamita.

Seluruh peserta mengikuti pelatihan ini dengan seksama dan penuh antusias dengan harapan dapat mempraktekannya sendiri di rumah masing-masing mengingat manfaat tepung mocaf yang dapat dijadikan sebagai salah satu bahan dasar pembuatan beraneka jenis roti dan kue.

Komentar atas PELATIHAN PEMBUATAN TEPUNG MOCAF

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Sinergitas Program

Layanan Mandiri


Silahkan datang ke Kantor Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukan NIK dan PIN

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Desa Badamita